Selasa, 07 Februari 2012

silabus English for children



SILABUS MATA KULIAH


I.                   IDENTITAS MATA KULIAH
a.    Mata Kuliah            : English for children
b.    SKS                                    : 3 SKS
c.    Semester                 : 1 (satu)
d.   Jenjang                    : Strata 1 (S1)
e.    Program                  : PG PAUD

II.                DESKRIPSI MATA KULIAH :
Mata kuliah ini memberikan konsep bagaimana mengajarkan bahasa Inggris untuk anak usia dini. Ketrampilan yang diajarkan meliputi ketrampilan mengucapkan kata dalam bahasa Inggris, mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Sedangkan komponen bahasa pendukung ketrampilan berbahasa yang diajarkan adalah kosa kata dan tata bahasa. Seluruh ketrampilan dan komponen berbahasa tersebut disajikan dalam setiap pertemuan secara terintegrasi agar mahasiswa benar- benar memiliki kemampuan yang mumpuni setelah lulus.

III.             TUJUAN PERKULIAHAN
Mata kuliah bahasa Inggris ini bertujuan untuk
1.      Memberikan konsep pengajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini
2.      Memberikan ketrampilan dan komponen berbahasa inggris yang sesuai untuk diajarkan pada anak usia dini
3.      Mampu menerapkan metode dan pendekatan yang tepat dalam mengajarkan bahasa Inggris untuk anak usia dini

IV.             POKOK BAHASAN PERKULIAHAN
1.      The young language learner
a.       Two main groups of the young learner
b.      Characteristic of young language learner
c.       Language development
d.      How children learn a foreign language
(Pertemuan ke-1  tnggal _____________)
2.      Class management and atmosphere
a.       Seating arrangement
b.      Management of children
c.       Guedelines to classroom control
(Pertemuan ke-2 tanggal _____________)
3.      Listening
a.       Listening in the classroom
b.      Listen and do activities
c.       Listen and repeat activities
d.      Listening the stories
(Pertemuan ke-3 tanggal _____________)
4.      Oral work
a.       General comment
b.      Presenting new language orally
c.       Dialog and role playing
(Pertemuan ke-4 tanggal _____________)
5.      Reading
a.       Approach to reading
b.      Method in reading
(Pertemuan ke-5 tanggal _____________)
6.      Writing
a.       writing is not always easy
b.      technik of writing
((Pertemuan ke-6 tanggal _____________)
7.      Topic-based work
a.       Why do topic-based work?
b.      How to set it?
(Pertemuan ke-7 tanggal _____________)
8.      Planning the work
a.       The teacher  planning their work
(Pertemuan ke-8 tanggal _____________)
9.      The tools of the trade
a.       Kind of media in teaching the young learner
(Pertemuan ke-9 tanggal _____________)
10.   Teaching simulation
(pertemuan ke-10 sampai dengan 14 tanggal _____________)

V.                METODE PERKULIAHAN
1. ceramah bervariasi
2. diskusi kelompok
3. Presentasi

VI.             MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Laptop dan LCD
2.      Gambar
3.      Video/film anak-anak

VII.          EVALUASI/PENILAIAN
1.      Tugas makalah/paper
2.      Performance (praktek mengajar)
3.      Tes tulis

VIII.       REFERENSI
1.      Scoot, Wendy.A. 2000. Teaching English to Children. New York: Longman Inc
2.      Harmer, Jeremy. (2002). The Practice of English Language Teaching. England: Pearson Education Ltd.
3.      Marcos, Kathleen. Children Language. ERIC Clearinghouse on Language and Linguistics. Available on the internet.
4.      Teaching Children English By David Vale and Anne Feunteun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar