SILABUS MATA
KULIAH
I.
IDENTITAS MATA KULIAH
a. Mata Kuliah : English for children
b. SKS :
3 SKS
c. Semester
: 1 (satu)
d. Jenjang :
Strata 1 (S1)
e. Program :
PG PAUD
II.
DESKRIPSI MATA KULIAH :
Mata kuliah ini memberikan konsep
bagaimana mengajarkan bahasa Inggris untuk anak usia dini. Ketrampilan yang
diajarkan meliputi ketrampilan mengucapkan kata dalam bahasa Inggris,
mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Sedangkan komponen bahasa pendukung
ketrampilan berbahasa yang diajarkan adalah kosa kata dan tata bahasa. Seluruh
ketrampilan dan komponen berbahasa tersebut disajikan dalam setiap pertemuan
secara terintegrasi agar mahasiswa benar- benar memiliki kemampuan yang mumpuni
setelah lulus.
III.
TUJUAN PERKULIAHAN
Mata kuliah bahasa Inggris ini bertujuan untuk
1. Memberikan konsep pengajaran bahasa
Inggris untuk anak usia dini
2. Memberikan ketrampilan dan komponen
berbahasa inggris yang sesuai untuk diajarkan pada anak usia dini
3. Mampu menerapkan metode dan pendekatan
yang tepat dalam mengajarkan bahasa Inggris untuk anak usia dini
IV.
POKOK BAHASAN PERKULIAHAN
1. The young language learner
a. Two main groups of the young learner
b. Characteristic of young language learner
c. Language development
d. How children learn a foreign language
(Pertemuan ke-1 tnggal _____________)
2. Class management and atmosphere
a. Seating arrangement
b. Management of children
c. Guedelines to classroom control
(Pertemuan ke-2 tanggal _____________)
3. Listening
a. Listening in the classroom
b. Listen and do activities
c. Listen and repeat activities
d. Listening the stories
(Pertemuan
ke-3 tanggal _____________)
4. Oral work
a. General comment
b. Presenting new language orally
c. Dialog and role playing
(Pertemuan ke-4 tanggal
_____________)
5. Reading
a. Approach to reading
b. Method in reading
(Pertemuan ke-5 tanggal _____________)
6. Writing
a. writing is not always easy
b. technik of writing
((Pertemuan ke-6 tanggal
_____________)
7. Topic-based work
a. Why do topic-based work?
b. How to set it?
(Pertemuan ke-7 tanggal _____________)
8. Planning the work
a. The teacher planning their work
(Pertemuan ke-8 tanggal _____________)
9. The tools of the trade
a. Kind of media in teaching the young
learner
(Pertemuan ke-9 tanggal _____________)
10. Teaching simulation
(pertemuan ke-10 sampai dengan
14 tanggal _____________)
V.
METODE PERKULIAHAN
1. ceramah bervariasi
2. diskusi kelompok
3. Presentasi
VI.
MEDIA PEMBELAJARAN
1. Laptop dan LCD
2. Gambar
3. Video/film anak-anak
VII.
EVALUASI/PENILAIAN
1. Tugas makalah/paper
2. Performance (praktek mengajar)
3. Tes tulis
VIII. REFERENSI
1.
Scoot, Wendy.A. 2000. Teaching
English to Children. New York: Longman Inc
2.
Harmer,
Jeremy. (2002). The Practice of English Language Teaching. England:
Pearson Education Ltd.
3.
Marcos,
Kathleen. Children Language. ERIC Clearinghouse on Language and
Linguistics. Available on the internet.
4.
Teaching Children English By David Vale and Anne Feunteun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar